7 Usaha Kecil Kecilan untuk Anak Kos yang menyuntungkan 2019

Usaha Kecil Kecilan untuk Anak Kos - Mempunyai suatu usaha yang bisa dijalankan dengan baik adalah impian banyak orang. Bukan hanya bagi orang – orang sudah menyelesaikan pendidikannya, bagi orang – orang yang masih menempuh pendidikan pun tidak masalah untuk mengelola suatu usaha. Seperti dalam artikel ini yang akan membahas usaha kecil kecilan untuk anak kos. Bagi anak – anak yang merantau jauh dari orang tua untuk menempuh pendidikan, mendapatkan uang jajan tambahan adalah suatu hal yang didambakan. Apalagi biaya hidup yang tinggi serta harus membayar sewa kos membuat pengeluaran bagi anak kos tidak bisa dibilang sedikit.

Untuk itu, biasanya anak – anak yang menempuh pendidikan dan hidup dengan bertempat tinggal di kos mencari banyak cara agar bisa mendapatkan uang saku tambahan yang berasal dari usaha mereka sendiri. Tentu saja usaha – usaha yang dijalankan terbilang cukup sederhana dan mudah. Karena fokus utama saat menempuh pendidikan adalah belajar sebaik – baiknya agar bisa membanggakan orang tua.
Usaha Kecil Kecilan untuk Anak Kos
Gambar inspiratorfreak.com

Sehingga usaha yang dijalankan harus tidak mengganggu waktu belajar mereka. Apa sajakah usaha kecil - kecilan yang bisa dilakukan oleh anak kos ? berikut adalah ulasannya.

1. Berjualan Pulsa
Usaha yang pertama ini bisa dikatakan mudah, sederhana dan banyak peminatnya. Pulsa, siapa yang tidak membutuhkannya ? hampir semua orang membutuhkan pulsa, apalagi di zaman yang serba membutuhkan komunikasi dan akses internet melalui ponsel. Pengisian pulsa pun sangat mudah dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Hal ini lebih praktis daripada harus membeli pulsa ke konter. Kamu bisa menawarkan pulsa kepada orang – orang terdekat dahulu, seperti teman satu kos atau teman satu perkuliahan atau sekolah.
Cara – cara berjualan pulsa pun sangat mudah, seperti dibawah ini:


  • Pertama yang harus kamu siapkan adalah modal untuk membeli deposit pulsa. Misalnya saja dengan modal yang tidak terlalu besar yaitu 300.000 rupiah.
  • Kemudian, kamu memilih konter agen pulsa yang terdekat dengan kos kamu tinggal, sehingga tidak membutuhkan waktu lama dan biaya transportasi.
  • Lebih baik kamu deposit pulsa menggunakan nomor baru yang tidak kamu gunakan untuk komunikasi pribadi. Jika kamu belum bisa membeli ponsel untuk berjualan pulsa, kamu bisa menggunakan ponsel yang sekarang kamu gunakan. Tetapi harus dual sim agar bisa dipasang kartu untuk berjualan pulsa.
  • Jika sudah siap semuanya, kamu bisa melakukan promosi di sosial media yang kamu punya. Lakukan promosi sederhana saja, sekedar pemberitahuan bahwa orang – orang yang berada disekitarmu bisa membeli pulsa kepada kamu. Lakukan promosi seperti di Whatsapp, Line, Instagram dan Facebook.
  • Untuk manajemen keuangan yang baik, kamu harus menerapkan sistem tidak boleh menunda membayar pulsanya lebih dari 1 hari, jadi semisal membeli hari ini dan sudah malam, ketika besok bertemu harus membayar. Hal seperti ini akan memudahkan kamu dalam mengambil keuntungan dan tidak kesulitan menagih.
  • Jika penjualan pulsa yang kamu lakukan sudah meningkat konsumennya, maka kamu bisa menaikan jumlah deposit pulsa setiap bulannya. Kamu juga bisa menambah jualan kamu dengan hal yang serupa seperti kartu perdana yang berisi paket internet dan lain – lain.


2. Berjualan Makanan Ringan
Sekarang ini banyak mahasiswa atau mahasiswi yang tidak malu untuk berjualan atau memulai usaha mereka kecil – kecilan, salah satunya adalah berjualan makanan ringan yang sedang hitz. Kamu bisa mencoba usaha ini jika berminat memulai usaha dalam bidang kuliner. Kamu bisa memilih kira – kira makanan ringan apa yang sedang disenangi banyak orang, terutama anak – anak kuliahan saat ini. Karena target utama penjualan kamu adalah teman sekelas, teman satu kos atau teman sekampus. Berikut akan dijelaskan bagaimana caranya kamu harus memulai usaha ini, berikut uraiannya:


  • Kamu bisa memulai dengan mencari produsen makanan ringan yang akan kamu jual, usahakan cari yang terdekat saja, agar menghemat tenaga, waktu juga pengeluaran biaya untuk transportasi.
  • Kemudian kamu ambil dahulu beberapa bungkus makanan ringan tersebut, misalnya ambil dahulu 10 bungkus untuk permulaan. Usahakan modal yang minimal agar tidak memberatkan keuangan kamu.
  • Langkah selanjutnya adalah kamu bisa mempromosikan dagangan kamu di semua sosial media yang kamu punya, seperti WhatsApp, Instagram, Line, Facebook atau Twitter. Lakukanlah promosi yang menarik dan unik agar bisa menarik minat konsumen.
  • Kamu juga bisa mempromosikannya secara langsung misalnya, kamu menawarkan pada teman – temanmu di kos, di kelas atau teman – teman lainnya yang kamu kenal. Cara promosi langsung seperti ini kamu bisa memberikan sampel makanan ringan tersebut agar konsumen bisa merasakannya dan jika cocok pasti membeli.


3. Berjualan Aksesoris
Berjualan aksesoris ? kedengarannya menarik bukan ? kalo kamu tertarik untuk berjualan aksesoris yang lucu, unik dan menarik kamu bisa mencobanya untuk menjalankan usaha ini. Misalnya saja kamu bisa menjual gantungan kunci, aksesoris handphone, aksesoris rambut, kalung, gelang, cincin, anting – anting dan masih banyak lagi. Jika kamu mempunyai waktu luang, kamu juga bisa mencoba membuatnya sendiri, siapa tahu kamu berbakat dalam hal itu. Bisa sangat menguntungkan bagi kamu. Kamu bisa memulainya dengan cara sebagai berikut:


  • Kamu bisa pergi ke tempat produsen aksesoris yang sedang digemari banyak orang.
  • Lakukan terlebih dahulu survei kepada barang – barang tersebut.
  • Ketika kamu sudah menemukan, kemungkinan barang apa yang akan laku. Kamu bisa membeli beberapa terlebih dahulu, agar tidak perlu mengeluarkan modal yang cukup besar.
  • Pastikan, kamu menggunakan waktu luang kamu untuk melakukan survei ini dan juga sebisa mungkin tempatnya tidak terlalu jauh dari tempat kamu tinggal.
  • Jika sudah membeli beberapa barang, kamu bisa mengambil foto dengan semenarik mungkin, dengan angle yang tepat, pemilihan latar yang cantik dan editing yang memperindah foto barang daganganmu.
  • Kemudian, kamu bisa mempostingnya di seluruh sosial media yang kamu miliki, seperti WhatsApp, Instagram, Line, Facebook dan Twitter. Tulislah caption yang menarik ketika melakukan promosi agar pembeli tertarik. Jangan lupa untuk menulis caption yang lengkap mengenai harga, spesifikasi, bahan dari barang tersebut secara rinci dan tinggalkan tulisan mengenai harus menghubungi kontak mana jika ingin membelinya.
  • Kamu juga bisa melakukan promosi secara langsung seperti menawarkan kepada teman satu kos, teman sekelas atau teman lainnya yang bisa kamu temui secara langsung. Hal ini akan lebih mudah juga barang yang kamu jual dilihat secara langsung apalagi kamu juga sudah melakukan promosi melalui sosial media.


Baca Juga : Cara mendapatkan uang dari Facebook

4. Berjualan Online
Berjualan online sebenarnya mekanismenya kamu bisa mempromosikan barang  apapun yang kamu jual melalui sosial media yang tersedia saat ini. Berjualan online akan menjadi lebih sederhana lagi, karena kamu bisa menjadi dropshipper dimana kamu tidak perlu menyetok barang, mengeluarkan uang, membungkus barang dan kemudian mengirimnya. Itu semua tergolong rumit dan membuang banyak waktu. Kamu bisa memilih cara yang sederhana yaitu menjadi dropshipper bagaimanakah caranya ? berikut penjelasannya:

  • Kamu harus memilih produsen online yang menjual barang sesuai dengan minat kamu, contohnya saja pakaian dan jilbab.
  • Kemudian kamu menghubungi admin toko online tersebut untuk menanyakan bagaimana syarat dan ketentuan jika ingin menjadi dropshipper.
  • Ketika kamu sudah memahami apa saja syarat dan ketentuannya, kemudian sanggup untuk menjalankan maka kamu bisa memulai usahamu.
  • Setelah itu, kamu bisa membuat toko onlinemu pada Instagram atau Facebook.
  • Kamu juga bisa membuat nama toko online yang kamu miliki dengan nama yang menarik, unik serta lucu agar menarik perhatian konsumen.
  • Postinglah foto – foto yang sudah diberikan admin produsen ke setiap toko online yang kamu buka di sosial mediamu.
  • Usahakan menulis caption yang menarik serta menulis penjelasan mengenai barang tersebut dengan jelas. Contohnya:

P78 Overall Jeans Warna Kuning
Bahan jeans washed, berkualitas premium, tidak gerah, menyerap keringat dan nyaman digunakan.
Harga Rp. 178.000
Kirim dengan JNE/ POS / TIKI

Pemesanan hubungi admin pada kontak ini (tuliskan saja kontak yang kamu gunakan untuk berjualan online)

  • Nantinya, jika ada pesanan kamu akan mengirimkan rincian pesanan tersebut terhadap admin toko online tersebut, ketika dalam satu bulan berapa banyak penjualan yang sudah kamu lakukan akan di total kemudian kamu bisa mendapatkan komisi alias laba dari penjualanmu sebagai dropshipper.
  • Walaupun pihak toko online juga mencatat berapa barang yang berhasil kamu jual, kamu juga tetap harus mencatat agar hasil yang didapatkan sama.
  • Namun, kamu juga bisa menjadi reseller, sehingga kamu mengambil beberapa barang dan ini membutuhkan modal. Untuk segala hal seperti pembungkusan barang, pengiriman barang, penerimaan uang hasil penjualan, itu semua kamu yang memegang kuasa sendiri, sehingga kamu akan menjual dengan laba yang sudah kamu tentukan sendiri. Menjadi reseller juga menarik dan bisa kamu coba setelah sudah merasa mantap dengan usaha yang kamu jalani.


5. Berjualan Produk Kecantikan
Untuk hal yang satu ini pasti para wanita menjadi peminat utamanya. Apalagi sekarang ini minat mengenai kecantikan menjadi tinggi karena banyaknya bermunculan beauty vlogger yang memberikan referensi mengenai segala macam hal yang berhubungan dengan kecantikan. Dengan adanya peluang ini bisa kamu manfaatkan dengan baik untuk memulai usaha kamu, yaitu dengan cara:


  • Kamu bisa menjual produk lipstik yang sedang hitz zaman sekarang. Mengapa lipstik ? karena berdasarkan survei, banyak wanita yang lebih memilih lipstik sebagai kosmetik nomor satu mereka. Bahkan, para wanita mengoleksi lipstik bisa lebih dari satu. Para mahasiswi pun sama, untuk tampil kece dan cantik ketika pergi ke kampus hampir semua menggunakan lipstik. Ambil peluang ini dengan berjualan lipstik kepada teman – teman kos, kelas atau kampus yang kamu kenal.
  • Kamu bisa menjual kosmetik brand korea yang sedang banyak digandrungi banyak mahasiswi. Kamu bisa menjual produk – produk apa saja yang paling diminati.
  • Kamu bisa menjual kosmetik dengan mengikuti MLM seperti produk Oriflame. Banyak mahasiswi yang tertarik dengan produk dari Oriflame, sehingga kamu bisa mencoba untuk berjualan ini. Dengan modal mendaftar yang cukup murah, kamu sudah bisa menjadi member dan ikut berjualan produknya. Apalagi banyak diskon, bonus dan hadiah menarik dari produk yang satu ini.


6. Membuka Jasa Fotografi
Jika kamu tertarik dalam bidang fotografi dan ingin menjual kemampuan kamu, maka menjadi fotografer adalah solusi usaha terbaik kamu. Di waktu luang atau sedang libur kuliah, kamu bisa melakukan pekerjaan yang satu ini. Kamu perlu bermodalkan kamera atau juga bisa menggunakan kamera ponsel kamu jika resolusinya sudah tinggi. Kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan dari pekerjaan yang satu ini, peminatnya di pasaran juga tergolong tinggi. Contohnya kamu bisa menjadi fotografer untuk temanmu yang sedang merayakan ulang tahun, ketika sedang berlibur atau sekedar ingin melakukan sesi foto. Kemampuan yang akan dibayar bukan hanya dari hasil foto asli, ditambah juga dengan hasil editan dari kamu sehingga foto akhir yang dihasilkan akan terlihat lebih ciamik.
Kamu bisa memasang tarif yang tidak terlalu mahal terlebih dahulu. Hitung – hitung kamu belajar lebih dalam mengenai fotografi, memanfaatkan waktu luang dan mendapatkan uang.

7. Membuka Jasa Pengetikan Makalah
Usaha yang satu ini sangat diminati oleh teman – teman kamu yang cenderung malas dalam mengerjakan tugas. Kamu bisa mengambil keuntungan dari kemalasan mereka dan bisa menghasilkan uang. Tugas kuliah atau sekolah harus tetap dikerjakan oleh setiap siswa, sehingga mau tidak mau bagaimana caranya walaupun sangat malas tugas harus diselesaikan, nah, dengan ini para siswa yang malas akan memilih jasa pengetikan yang biasanya juga dilakukan oleh teman sekelas. Kamu bisa membuka usaha jasa pengetikan makalah. Disamping kamu mendapatkan uang, kamu juga bisa belajar lebih.

Manfaat Menjalankan Usaha Kecil – kecilan bagi Anak Kos
Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan para anak kos yang berani untuk memulai usaha kecil kecilan untuk anak kos, ketika dalam proses menempuh pendidikan. Berikut adalah manfaatnya.

1. Bisa membuat waktu luang yang dimiliki menjadi tidak sia – sia, karena waktu itu digunakan untuk menjalankan usaha tersebut. Sehingga daripada untuk melakukan hal yang tidak berguna atau hanya menghabiskan uang, lebih baik memanfaatkannya untuk usaha atau belajar.

2. Bisa mendapatkan ilmu berdagang dari awal, sehingga jika ingin membuka usaha yang lebih besar nantinya, paling tidak sudah mengetahui bagaimana cara berdagang, promosi dan mengatur keuangan dalam berjualan.

3. Mendapatkan uang saku tambahan yang berasal dari diri sendiri, sehingga uang saku yang diberi orang tua bisa saja ditabung. Sehingga hal ini mengajarkan untuk menyisihkan uang, tidak malah membuang – buang uang.

4. Jiwa wirausaha lama kelamaan akan semakin berkembang, hal ini akan sangat bagus karena selain mengerti bagaimana berdagang tetapi jiwa wirausaha akan meningkat sehingga membuat semakin yakin ingin membuka usaha apa kelak yang lebih besar.

5. Menjadikan diri menjadi pribadi yang lebih mandiri, karena tahu mencari uang tidak semudah yang dibayangkan. Sehingga tahu perjuangan mencari uang seperti apa, kemudian akan lebih berusaha tidak terlalu bergantung kepada orangtua, memulai untuk mencari uang sendiri.

Bagaimana ? apakah kamu tertarik melakukan salah satu dari tujuh usaha yang bisa dilakukan oleh anak kos tanpa mengganggu proses pendidikan mereka ? selain bisa mendapatkan uang, menjalankan usaha ketika kamu sedang menempuh pendidikan juga bisa sebagai sarana belajar yang bagus. Jika kamu tertarik maka segeralah untuk mencobanya. Sekian makalah 7 usaha kecil kecilan untuk anak kos. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi seluruh pembaca dan mudah untuk dipahami. Salam sukses!

Monika N


Belum ada Komentar untuk "7 Usaha Kecil Kecilan untuk Anak Kos yang menyuntungkan 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel