Cara Mengunci Folder di Laptop PC lama atau baru 100%

Cara Mengunci Folder- Laptop sudah menjadi kebutuhan penting bagi sebagian orang yang menggunakannya untuk bekerja, berjualan, belajar, bermain game, mengerjakan tugas dan masih banyak lagi kegiatan yang dapat dilakukan menggunakan laptop, apalagi laptop mudah dibawa kemana – mana dengan ukurannya yang beragam. Dengan memiliki laptop, berarti kamu bisa menyimpan data – data penting. Sangat menyedihkan jika sampai data – data penting yang kamu miliki hilang, padahal sudah disimpan dengan baik dan diatur serapi mungkin.
Cara Mengunci Folder di Laptop PC lama atau baru 100%
Image by iconarchive.com

Kebanyakan orang lebih baik kehilangan laptopnya daripada data – data penting yang ada didalamnya. Bukan hanya itu saja, kebanyakan orang juga tidak suka data – data penting atau bersifat pribadi dilihat atau di ambil oleh orang lain, maka dari itu ada cara mengunci folder di laptop. Berikut adalah penjelasannya.

Bagaimanakah Mengunci Folder di Laptop dengan Mudah ?


Jika kamu ingin mengamankan semua data – data penting dalam laptop kesayangan kamu, maka tenang saja karena ada 2 cara mengunci folder di laptop dengan mudah tanpa ribet. Cara yang pertama adalah dengan menggunakan bantuan software dan cara kedua tanpa bantuan software. Simak dengan seksama ya.

1. Cara Mengunci Folder di Laptop Tanpa Software

Cara yang pertama ini terbilang mudah, karena kamu tidak membutuhkan bantuan software apapun untuk mengunci folder pada laptop yang menggunakan sistem Windows XP, Windows 7, Windows 8 dan Windows 10. Berikut adalah langkah – langkahnya:

  • Langkah pertama adalah buat folder baru yang akan berisikan file yang ingin kamu simpan pada folder tersebut. Folder lama pun juga bisa, karena sama – sama akan dikunci.
  • Setelah folder sudah jadi, maka masuklah pada folder tersebut. Kemudian buatlah file teks yang baru dengan cara klik kanan – New – Text Document.
  • Kemudian masukkan script dibawah ini:

cls @ECHO OFF title Folder Private if EXIST “HTG Locker” goto UNLOCK if NOT EXIST Private goto MDLOCKER :CONFIRM echo Are you sure you want to lock the folder(Y/N) set/p “cho=>” if %cho%==Y goto LOCK if %cho%==y goto LOCK if %cho%==n goto END if %cho%==N goto END echo Invalid choice. goto CONFIRM :LOCK ren Private “HTG Locker” attrib +h +s “HTG Locker” echo Folder locked goto End :UNLOCK echo Enter password to unlock folder set/p “pass=>” if NOT %pass%== PASSWORD_DISINI goto FAIL attrib -h -s “HTG Locker” ren “HTG Locker” Private echo Folder Unlocked successfully goto End :FAIL echo Invalid password goto end :MDLOCKER md Private echo Private created successfully goto End :End

  • Pada script ada tulisan PASSWORD  _DISINI, kamu bisa mengganti script tersebut dengan password yang kamu buat.
  • Selanjutnya, ketika sudah selesai maka file script tadi bisa kamu simpan dengan nama locker.bat.
  • Kemudian klik dua kali pada file locker dan otomatis akan muncul folder bernama private.
  • Kamu langsung bisa memindahkan semua data – data penting yang ingin kamu simpan pada folder private tersebut. Dijamin dalam folder ini, data – data kamu aman.
  • Setelah semua data – data berada folder private maka jalankan kembali file locker, kemudian tekan tombol Y kemudian enter.
  • Kembalilah pada folder private tadi dan kamu bisa lihat folder tersebut sudah hilang.
  • Nah tenang saja, untuk bisa mengakses folder tersebut kamu hanya perlu klik dua kali pada file locker kemudian memasukkan passwordnya yang kamu masukkan pada script.
  • Dan akhirnya data – data penting tadi sudah bisa kamu akses kembali dan posisinya sudah aman terkunci di dalam folder.
  • Cara yang satu ini memang terbilang cukup mudah karena kamu tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan sebagai penunjang. Tetapi ada cara yang lebih mudah lagi dengan menggunakan software tambahan yang akan dijelaskan dibawah ini.

2. Cara Mengunci Folder di Laptop dengan Software

Cara yang kedua ini adalah untuk mengunci folder pada windows dengan menggunakan software tambahan bernama Folder Guard. Langsungs aja, inilah langkah – langkahnya.

  • Unduhlah software Folder Guard pada website resminya.
  • Kemudian jika sudah selesai maka pasang software tersebut. Caranya adalah klik dua kali pada file unduhan yang berjenis exe. Jika sudah selesai pemasangan maka masukkan password sesuai dengan permintaan pada perintah.
  • Kemudian untuk mengunci folder yang ingin kamu lindungi yaitu dengan memilih lock a folder with a password.
  • Kemudian pilih tombol browse for folder dan carilah folder yang ingin kamu kunci.
  • Langkah selanjutnya adalah masukkan password yang kamu inginkan untuk mengunci folder tersebut. Jika bisa buatlah password yang berbeda dengan password pada langkah nomor 2 agar lebih aman. Kemudian pilih next.
  • Biarkan saja pengaturannya semua dalam keadaan default, kemudian pilih finish.
  • Kemudian kamu harus mengaktifkan mode proteksi dengan cara pilih protect agar folder benar – benar terkunci dengan password yang kamu buat.
  • Jika kamu melihat folder yang kamu kunci, maka tidak ada file sama sekali didalamnya, untuk bisa melihat file didalamnya maka kamu harus membukanya dengan memilih unlock. Kemudian masukkan password yang sudah kamu buat. Kemudian pilih enter atau oke.
  • Dan mengunci folder penting kamu selesai. Hanya kamu yang bisa membuka data – data yang ada pada folder tersebut menggunakan password. Dijamin aman.

Mengapa Perlu Mengunci Folder Data – data Penting di Laptop ?

Setelah mengetahui cara mengunci folder di laptop windows kamu, kamu tentunya juga harus tahu apa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan memproteksi data – data tersebut. Berikut adalah penjelasannya.

  1. Menjaga keamanan semua data – data penting yang ada didalam laptop kamu. Seperti data pekerjaan, sekolah, kuliah, game, film, anime, foto, video, data – data pribadi dan masih banyak lagi.
  2. Menghindari hal – hal yang tidak diinginkan seperti data kamu dicuri oleh orang yang tidak bertanggungjawab dan digunakan untuk hal kejahatan.
  3. Mengamankan seluruh data – data penting yang kamu miliki agar tidak bisa dilihat begitu saja oleh orang lain yang ingin melakukan tindakan tidak baik.
  4. Setiap orang pasti punya privasi, dengan mengunci folder pada laptop kamu, berarti kamu ikut mengamankan privasi yang kamu simpan didalamnya seperti video atau foto yang sangat bersifat pribadi sehingga orang lain tidak akan mengetahuinya apalagi akan disebar. Hal – hal seperti itu bisa membuat kamu merasa tidak nyaman ketika laptop kamu dipinjam, agar bisa tetap meminjamkan dan tidak disebut pelit maka bisa dengan mengunci foldernya. Mudah kan ?

Demikian artikel mengenai dua cara mengunci folder di laptop. Ada dua cara yang bisa kamu pilih yaitu dengan menggunakan software atau yang tidak, intinya kedua cara tersebut sama – sama mudah dilakukan. Mengunci folder di laptop kamu penting dilakukan agar kamu bisa merasa aman bahkan ketika laptop kamu dipinjam orang lain. Semoga artikel ini bermanfaat bagi seluruh pembaca dan semua penjelasannya mudah dipahami. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya. Salam sukses semuanya!

Monica N
Supermikir.com

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengunci Folder di Laptop PC lama atau baru 100%"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel