4 Cara Melacak HP yang Hilang Dalam Keadaan Mati Mudah 100%

Cara Melacak HP yang Hilang Dalam Keadaan Mati - Kehilangan HP kesayangan kamu pastinya menyedihkan sekali. Tidak ada orang yang ingin kehilangan HP yang digunakan untuk melakukan segala macam komunikasi, apalagi di zaman sekarang HP adalah kebutuhan yang tidak bisa ditinggalkan. Tetapi jangan bersedih, jika HP kamu hilang, ada cara melacak HP yang hilang dalam keadaan mati.
Cara Melacak HP yang Hilang Dalam Keadaan Mati
Image by androidcentral.com
Kamu tidak bisa memastikan jika HP kamu yang hilang masih dalam keadaan hidup atau mati. Langkah pertama yang kamu lakukan pasti dengan menelpon nomor ponsel tersebut, tetapi jika tidak aktif, maka kemungkinan besar HP tersebut sudah dalam keadaan mati. Tenang, kamu tetap bisa melacaknya, berikut penjelasannya.

Cara Mudah Melacak HP Hilang dalam Keadaan Mati

Jangan galau jika HP kesayangan kamu hilang, tenangkan diri dan kemudian gunakan cara melacak HP yang hilang dalam keadaan mati. Dengan ini kamu bisa menemukan keberadaan HP kamu yang hilang dan kemungkinan bisa mencarinya. Berikut adalah penjelasannya dengan rinci.

1. Menggunakan Aplikasi Find My Device

Aplikasi Find My Device adalah aplikasi yang merupakan bawaan ketika kamu membeli ponsel Android. Pihak Google menghimbau kepada semua vendor smartphone untuk menanamkan aplikasi ini pada semua produk ponsel Android yang di produksi. Agar bisa menggunakan aplikasi ini untuk melacak ponsel Android yang hilang, maka ada beberapa hal penting yang harus kamu ketahui, antara lain:

  • Smartphone Android kamu dalam keadaan terhubung akun Google.
  • Koneksi internet pada ponsel Android kamu dalam keadaan hidup.
  • Pengaturan menemukan lokasi ponsel Android sudah kamu setting hidup secara default.
  • Ponsel Android kamu belum di reset pabrik oleh pencuri atau yang menemukan HP kamu.

Berikut adalah langkah – langkah melacaknya:

  1. Kamu bisa menggunakan laptop, komputer atau ponsel lainnya yang mempunyai aplikasi Google Chrome.
  2. Kemudian masuk pada link https://www.google.com/android/find.
  3. Masuklah dengan akun Google yang sama dengan yang kamu gunakan pada ponsel Android kamu. Jangan menggunakan akun lainnya.
  4. Jika sudah berhasil masuk, maka Find My Device akan secara otomatis melacak keberadaan ponsel tersebut.
  5. Jika sudah menemukan, maka kunci perangkat agar pencuri atau orang yang menemukan tidak bisa membuka ponsel kamu. Pilih menu Lock.
  6. Kemudian kamu akan diminta untuk mengisi password agar ponsel benar – benar terkunci, sehingga jika ditemukan hanya kamu yang bisa membuka.
  7. Agar memudahkan lagi, kamu bisa memberikan pesan yang bisa muncul pada layar ponsel kamu, bisa kamu tuliskan nomor HP yang bisa dihubungi untuk mengembalikan ponsel.
  8. Jika kamu sudah memastikan lokasinya benar, maka kamu bisa langsung datang ke lokasi ditemukannya HP kamu.
  9. Jika sudah dekat dengan lokasinya maka pilih menu Ring agar bisa berbunyi. Dengan ini kamu bisa mudah untuk mendengarkan dimana posisi bunyi dari ponsel kamu karena volumenya maksimal.


2. Menggunakan Google Maps

Google Maps bukan hanya aplikasi yang bisa digunakan untuk mencari tahu suatu lokasi, melihat kondisi lalu lintas dan memberikan penunjuk arah. Google Maps juga bisa membantu kamu untuk mencari ponsel Android yang hilang. Kamu bisa mencarinya dengan memastikan bahwa ponsel Android kamu sudah terhubung dengan akun Google, maka kamu bisa memulai melakukan pelacakan menggunakan Google Maps. Berikut adalah langkah – langkahnya.

  • Bukalah Google Maps di perangkat lain.
  • Kemudian masukkan akun Google yang kamu gunakan juga pada perangkat Android kamu. 
  • Maka kamu bisa mulai melakukan pencarian posisi ponsel Android kamu yang hilang.


3. Menggunakan My Xperia

Sudah terlihat dari namanya, bahwa aplikasi ini hanya bisa digunakan khusus untuk para pengguna smartphone Sony Xperia. Aplikasi My Xperia memiliki fitur yang mirip dengan Find My Device yang dimiliki Android dan aplikasi Find My Phone yang dimiliki Apple. Kegunaan dari ketiga aplikasi bawaan dari ponsel ini utamanya adalah melacak keberadaan ponsel yang hilang. Untuk melacak ponsel Sony Xperia kamu yang hilang, pertama pastikan bahwa pada ponsel tersebut sudah diaktifkan fitur My Xperia. Untuk melacak ponsel kamu yang hilang, kamu hanya perlu membuka My Xperia pada perangkat lainnya. Langkah – langkahnya adalah:

  • Sediakan perangkat lain yang bisa membantu kamu untuk mengecek lokasi ponsel kamu yang hilang.
  • Pastikan bahwa ponsel kamu yang hilang sudah mengaktifkan My Xperia.
  • Login pada My Xperia dengan akun yang sudah kamu gunakan juga pada ponsel Sony Xperia kamu.
  • Kamu bisa memulai melakukan pelacakan dan menemukan lokasi Sony Xperia kamu yang hilang.


4. Menggunakan Mi Cloud

Jangan salah ketika kamu berpikir bahwa perangkat Android yang diproduksi oleh Xiaomi mempunyai level kelas menengah kebawah, karena jika kamu tahu bahwa Xiaomi mempunyai banyak fitur canggih yang bisa kamu temukan pada ponsel Android yang termasuk menengah ke atas. Sangat luar biasa adalah Mi Cloud dapat melacak keberadaan smartphone androidnya walaupun dalam keadaan mati sekalipun. Sehingga, misalkan saja smartphone kamu merk Xiaomi dan tidak sengaja jatuh dijalan atau ketinggalan disuatu tempat kemudian posisi HP mati karena lowbat kamu tidak perlu was – was. Langkah – langkah menggunakan Mi Cloud adalah sebagai berikut:

  • Pastikan smartphone yang kamu gunakan adalah merk Xiaomi.
  • Kemudian kamu bisa membuka web Mi Cloud.
  • Selanjutnya login menggunakan akun Mi yang sama dengan smartphone kamu yang hilang.
  • Tunggulah prosesnya hingga selesai dan kamu akan bisa melihat maps dimana posisi ponsel kamu saat itu.

Baca juga : Cara Melacak hp android pakai gmail

Tips Mencegah Smartphone Kesayangan Hilang


Kehilangan smartphone atau HP kesayang pasti menyebabkan sedih, galau dan menangis. Tetapi kamu bisa menghindari kehilangan ponsel yang menemanimu kemana saja tersebut. Berikut adalah tips – tipsnya:

  1. Jika kamu sedang naik motor, pastikan jangan menggunakan ponsel saat sedang berkemudi, lebih baik kamu berhenti dahulu jika ingin mengangkat telepon atau membalas pesan yang penting, karena ditakutkan ponsel bisa jatuh dijalan dan ini sangat berbahaya bagi pengemudi juga.
  2. Jangan pernah menaruh ponsel pada dashboard motor, walaupun kelihatannya aman, tetapi saat kamu melewati jalanan yang tidak rata bisa saja ponsel jatuh tanpa kamu sadari.
  3. Jangan menaruh ponsel didalam kantong baju atau celana ketika berkendara, karena bisa jatuh tanpa kamu sadari.
  4. Jika pada transportasi umum sebaiknya jangan terlalu bermain ponsel agar tidak menarik tindakan kejahatan seperti pencurian, hal ini juga bisa diterapkan pada tempat – tempat yang ramai seperti pasar.
  5. Selalu taruh ponsel pada tas yang aman ketika kamu bepergian dan selalu cek apakah masih ada dan jangan lalai jika menaruh ponsel disuatu tempat, pastikan titipkan kepada teman atau keluarga jangan diletakkan disembarang tempat.


Demikian artikel mengenai cara melacak HP yang hilang dalam keadaan mati. Semoga artikel ini bermanfaat bagi seluruh pembaca dan semua penjelasannya mudah untuk dipahami. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya. Salam sukses!

Monica N

Belum ada Komentar untuk "4 Cara Melacak HP yang Hilang Dalam Keadaan Mati Mudah 100%"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel