3 Cara Kirim CV Lamaran kerja Lewat Email dengan Benar

Cara Kirim Lamaran Lewat Email - Perkembangan informasi yang semakin maju dan cepat dalam perkembangannya membuat setiap orang berlomba – lomba untuk mencapai pada paham akan teknologi. Tidak bisa kita elak lagi bahwa kemajuan teknologi sangat membantu kita dalam melakukan banyak hal, seperti untuk pribadi maupun dalam kelompok. Untuk masalah lamaran pekerjaan kebanyakan perusahaan sekarang memberi persyaratan kepada para pelamar untuk mengirimkan berkas lamaran kerja melalui email agar lebih praktis dan aman.
Cara Kirim Lamaran Lewat Email
Image by thebalancecareers.com

Cara kirim lamaran lewat email sangatlah mudah, sehingga mengapa cara ini banyak diberlakukan hampir pada seluruh perusahaan. Menghemat waktu, biaya dan juga tenaga para pelamarnya sehingga juga sangat menguntungkan bagi para pelamar kerja dan juga bisa menghemat pemakaian kertas yang terbuang – buang ketika banyaknya lamaran yang dikirim secara langsung maupun pos.

Namun, tidak semua pelamar kerja mengetahui cara mengirim lamaran lewat email dengan baik dan benar agar perusahaan tersebut mempertimbangkan ingin menerima sebagai pegawainya. Sehingga, kamu harus tahu hal penting apa saja yang harus diperhatikan ketika mengirim lamaran pekerjaan melalui email. Simak uraiannya dibawah ini.

Apa Saja yang Harus Diperhatikan Ketika Mengirim Lamaran Melalui Email ?

Cara kirim lamaran lewat email agar lamaran pekerjaan kamu dilirik oleh perusahaan akan dijelaskan secara rinci dalam artikel ini, sehingga kamu harus menyimak penjelasannya dengan baik ya.

1. Tips Mengirim Lamaran Pekerjaan Melalui Email


  • Persiapkan seluruh dokumen yang menjadi persyaratan melamar kerja dari perusahaan yang kamu tuju.
  • Kamu harus memperhatikan semua persyaratan yang diberikan seperti warna pas foto, ukuran pas foto, KTP, daftar riwayat hidup, ijazah, KK, SKCK, transkrip nilai dan lain – lain.
  • Jangan lupa untuk selalu mempersiapkan dokumen – dokumen lamaran dalam hasil scan agar bisa dikirim melalui email. Jangan lupa untuk jangan melakukan editing apapun terhadap keaslian data identitas pada dokumen yang kamu miliki.
  • Perhatikan untuk ukuran setiap file yang akan kamu kirim, usahakan jangan terlalu besar, karena batas maksimalnya adalah 2MB, jika lebih besar daripada itu maka harus melakukan resize.
  • Kemudian perhatikan ketentuan format dokumen yang harus dikirim, seperti (*.pdf), (*.png), (*.doc) atau yang lainnya. Jika tidak ada persyaratan mengenai format file yang dikirim, maka kamu ikuti saja format seperti yang disebutkan tadi karena format – format tersebut adalah format umum yang biasanya diminta oleh pihak perusahaan.
  • Sebisa mungkin buatlah daftar riwayat hidup atau curriculum vitae yang akan kamu kirimkan menarik dan baik. Misalkan saja hal – hal yang penting yang harus kamu sertakan dalam CV adalah identitas pribadi, riwayat pendidikan, keahlian tambahan, foto, pengalaman kerja, pengalaman organisasi, penghargaan yang pernah didapat, pengalaman magang dan sebagainya.
  • kamu bisa membuat CV kamu terlihat menarik dengan menggunakan yang lebih ceria selain hitam untuk shape atau bentuk – bentuk seperti oval, persegi dan lain – lain. Kemudian, menggunakan jenis huruf yang mudah dibaca seperti Arial, Times New Roman, Calibri dan sebagainya.


2. Menggunakan Alamat Email yang Profesional


  • Hal yang mungkin tidak terpikirkan oleh banyak orang, yaitu membuat email dengan nama samaran atau nama alias. Hal ini bisa mempengaruhi tingkat profesionalitas dan keformalan dalam mengirimkan lamaran pekerjaan. Sebaiknya, kamu membuat email dengan nama asli, karena hal ini sangat penting untuk menjadi bahan pertimbangan perusahaan yang akan menerima kamu sebagai pegawainya.
  • Kamu bisa membuat email melalui Gmail, Yahoo, Outlook atau yang lainnya. Misalnya saka kamu memilih untuk menggunakan Gmail, maka bisa seperti ini contohnya pradanadwinugraha@gmail.com, apabila kamu menggunakan alamat email seperti pradanagantengbanget@gmail.com hal ini akan membuat kamu tidak terlihat profesional.
  • Segeralah buat email dengan alamat yang profesional dan formal agar lamaran pekerjaan kamu menarik dan dilirik perusahaan.


3. Mengikuti Standar Mengirimkan Email


  • Untuk mengirimkan email lamaran pekerjaan yang baik dan benar kamu harus mengikuti cara – cara pengiriman email seperti mengisi kolom subjek, badan email dan mengisi lampiran sesuai yang diminta. 
  • Kemudian kamu memang bisa mengirimkan email selama 24 jam , akan tetapi untuk menunjukkan kesopanan kamu sebaiknya mengirimkan email pada saat jam kerja pada umumnya yaitu jam 08.00 – 16.00 WIB dan tentu saja ketika lowongan pekerjaan tersebut masih dibuka.

Baca juga : Cara mengunci folder di laptop

Proses Mengirim Lamaran Pekerjaan Melalui Email

Mengirim lamaran pekerjaan melalui email bisa kamu lakukan dengan menggunakan laptop, komputer atau smartphone yang terpenting memiliki koneksi internet yang baik. Sebelum mengirimkan email, pastika semua persyaratan sudah benar sesuai ketentuan pihak perusahaan.

1. Mengisi Alamat Email Perusahaan dengan Teliti


Kamu harus benar – benar mengetahui alamat email perusahaan yang akan kamu tuju agar tidak terjadi kesalahan alamat dalam mengirimkan lamaran pekerjaan.

2. Mengisi Subjek Email dengan Teliti


Kebanyakan lamaran pekerjaan yang dikirim lewat email mempunyai ketentuan untuk mengisi subjek email. Biasanya diisi dengan posisi apa yang akan kamu lamar atau ada ketentuan lainnya yang harus kamu perhatikan agar tidak salah dalam mengisi, bahkan ada yang biasanya subjek dikosongkan saja. Tetap saja tidak bisa kamu abaikan walaupun tidak ada ketentuan, bisa kamu isi dengan:

  • Posisi pekerjaan yang dilamar – nama kamu.
  • Contohnya adalah Lamaran Pekerjaan Dokter – Pradana Dwi Nugraha


3. Mengisi Badan Email dengan Benar


Ada beberapa perusahaan yang memberikan ketentuan untuk mengisi badan email dengan dokumen – dokumen lamaran pekerjaan saja. Untuk itu, jika tidak ada ketentuan kamu bisa mengisi badan email dengan memberikan salam, memperkenalkan diri secara singkat, mengetahui lamaran tersebut darimana dan posisi apa yang ingin kamu lamar.

4. Melampirkan Seluruh Persyaratan


Jangan lupa untuk melampirkan dokumen – dokumen yang sudah menjadi persyaratan. Telitilah kembali sebelum mengirimkan email tersebut. Jangan lupa, untuk ukuran file tidak lebih dari 2MB. Ada perusahaan yang meminta semua dokumen dijadikan satu dalam format rar, zip dan lain – lain atau dikirim secara terpisah. Ikuti saja sesuai ketentuan perusahaan tersebut. Untuk memasukkan lampiran maka pilih opsi attachment atau lampiran, kemudian pilih semua filenya dan pilih open, kemudian akan ada proses masuknya file tersebut. Tunggu hingga selesai.

5. Memeriksa Ulang Persyaratan dan Proses Kirim


Sebelum mengirimkan email lamaran kerja jangan lupa untuk memeriksa kembali seluruh persyaratannya, cek lah satu per satu agar tidak ada kesalahan. Jika sudah yakin benar, maka kamu bisa mengirimkan email pada waktu kerja dengan memilih opsi send atau kirim. Kemudian lamaran tersebut akan otomatis masuk pada bagian kotak terkirim. Berdoalah agar lamaran pekerjaan kamu diterima oleh perusahaan.

Demikian artikel mengenai cara kirim lamaran lewat email. Jangan lupa untuk selalu teliti sebelum mengirimkan lamaran pekerjaan melalui email, gunakan bahasa yang formal dan baik serta alamat email yang formal juga. Semoga artikel ini bermanfaat bagi seluruh pembaca yang ingin melamar pekerjaan dan tetap semangat untuk meraih rezeki. Salam sukses!

Monica N

Belum ada Komentar untuk "3 Cara Kirim CV Lamaran kerja Lewat Email dengan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel